Pekan Skrining Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia

Salatiga – Dinas Kesehatan Kota Salatiga beserta UPT Puskesmas melaksanakan kegiatan Pekan Skrining Vaksinasi COVID-19 untuk lansia selama 1 minggu, yaitu 22 – 27 Februari 2021. Sasaran lokasi Pekan Skrining sebanyak 20 posyandu yang tersebar di 5 Puskesmas, yaitu Puskesmas Sidorejo Lor (6 posyandu), Puskesmas Tegalrejo (3 psyandu), Puskesmas Sidorejo Kidul (7 posyandu), Puskesmas Mangunsari (2 posyandu), Puskesmas Cebongan (2 posyandu).

Kementerian Kesehatan RI telah menyetujui pemberian vaksinasi Covid-19 pada golongan kelompok rentan seperti orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan komorbid. Tepatnya melalui melalui surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19 dan sasaran tunda.

Lansia adalah komponen masyarakat yang rentan terkena COVID-19 dengan gejala parah dan dapat berujung pada kematian. Akibatnya, para lansia terisolasi di rumah dan tidak dapat bersosialisasi seperti biasanya. Akibat COVID-19, lansia menjadi terisolasi, merasa cemas, khawatir, dan depresi. Maka dari itu lansia merupakan salah satu sasaran prioritas penerima Vaksinasi COVID-19.Tahap pelaksanaan skrining dimulai penimbangan, pengukuran tekanan darah, cek kolesterol, kemudian dilakukan rapidtest antibodi dan wawancara skrining vaksinasi COVID-19 untuk memastikan kondisi lansia sebelum divaksin.

Sebelum kegiatan ini dilakukan Puskesmas sudah melakukan sosialisasi skrining vaksinasi kepada lansia. Tujuan kegiatan skrining kesehatan lansia juga untuk meningkatkan kesadaran pada lansia dalam memelihara kesehatan sendiri, meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia di Kota Salatiga.Seperti kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia ini lansianya masih bersama keluarga sekitar 90 persen. Hanya sedikit yang tinggal sendiri. Maka dari itu mari kita jaga kesehatan lansia agar terhindar (COVID-19. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga untuk menjaga lansia dari berbagai potensi penularan virus. Pencegahan ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga.

One thought on “Pekan Skrining Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *