Pelatihan EHRA

KPM – Sanitasi lingkungan merupakan salah satu indikator kesehatan yang sangat berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat. Upaya mewujudkan sanitasi lingkungan yang baik, diperlukan strategi pembangunan kesehatan yang tepat. Untuk itu perlu didukung data akurat melalui survei partisipatif oleh masyarakat.

Dalam upaya menciptakan sanitasi lingkungan yang baik di Kota Salatiga, DKK Salatiga menyelenggarakan Pelatihan Enumerator Environmental Health Risk Assesment (EHRA), di Aula KPM Salatiga, Selasa (17/09/2019). Dijadwalkan pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari, dimulai Senin hingga Rabu, 17-19 September 2019. Peserta sebanyak 70 orang yang terdiri atas kader kesehatan, sanitarian Puskesmas se-Kota Salatiga, dan pegawai DKK Salatiga.

Acara dibuka oleh Kabid Kesmas, Suparli, SKM,M.Kes. Hadir Sebagai narasumber dari Dinkes Prov Jateng, I Made Dewa S, SKM,M.Kes dan Siti Yulaikah, SKM,M.Kes.
EHRA adalah sebuah survey partisipatif di tingkat Kabupaten/Kota untuk memahami kondisi fasilitas sanitasi dan higinitas serta perilaku-perilaku masyarakat pada skala rumah tangga. Data yang dihasilkan dimanfaatkan untuk pengembangan program sanitasi termasuk advokasi di tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat desa/kelurahan.

Dalam sambutannya, Kabid Kesmas menyampaikan agar seluruh Enumerator dapat memberikan data yang seakurat mungkin, karena data tersebut digunakan sebagai dasar para pengambil kebijakan untuk memberikan keputusan.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal kader kesehatan untuk melaksanakan tugasnya sebagai enumerator EHRA, dan mendapatkan data sekaurat mungkis sebagai dasar untuk mengambil kebijakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *