Pelatihan pengembangan tenaga promosi kesehatan

Aula II KPM – Sebanyak 30 orang yang terdiri atas petugas promkes DKK, KPM dan Puskesmas se-Kota Salatiga mengikuti pelatihan pengembangan tenaga promosi kesehatan melalui pembuatan film sebagai media promosi kesehatan di Aula II KPM, Selasa-Kamis (5-7 November 2019).

Acara dibuka oleh Kabid Yankes dan SDK, dr. Prasit Al Hakim. Menghadirkan narasumber dari Dinkesprov Jateng, Setyo Handoko, SKM,M.Kes dan Guntur Darmawan dari SMKN 11 Banyumanik.

Dalam sambutannya, Kabid Yankes dan SDK menyampaikan agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara, dapat menyerap semua materi dari narasumber dan dapat mengaplikasikannya dalam membuat media film yang baik. “Manfaatkanlah kehadiran narasumber dengan sebaik-baiknya untuk membuat media promosi kesehatan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, Imbuhnya.

Film merupakan media audio visual yang dinilai menarik dan menimbulkan daya ingat lebih baik dibanding media cetak. Dalam merubah perilaku masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat, diperlukan media promosi kesehatan yang menarik berupa film. Untuk membuat film yang berkualitas, dapat menyampaikan pesan dengan baik dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, diperlukan teknik khusus dalam produksinya.

Setelah mendapatkan materi tata cara pembuatan film yang menarik, peserta dibadi menjadi 3 kelompok lokasi pembuatan film yaitu di DKK Salatiga, Puskesmas Kalicacing dan KPM. Tema pembuatan film adalah profil instansi masing-masing lokasi. Di akhir acara peserta dibekali materi tata cara mengedit film agar film yang dihasilkan menjadi menarik dan komunikatif.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga promosi kesehatan dalam pembuatan film, meningkatkan keahlian edit film bagi tenaga promkes yang akhirnya dapat dihasilkan film kesehatan yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *