Pemantauan Jentik di Wilayah Kelurahan Tegalrejo

Kelurahan Tegalrejo – Dalam upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Lurah Tegalrejo, Edhi Suyatno,SH bersama DKK Salatiga, B2P2VRP dan Kader Kelurahan Siaga Kel. Tegalrejo melakukan kegiatan pemantauan jentik di Wilayah Kelurahan Tegalrejo.

Pada kesempatan ini Lurah Tegalrejo terjun langsung ke rumah warga untuk melihat ada tidaknya jentik nyamuk, memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus melepas ikan pemakan jentik di tempat penampungan air positif jentik. Tempat penampungan air yang berpotensi menjadi perkembang biakan nyamuk antara lain bak mandi, tempayan, gentong air, dan tempat penampungan air lainnya.

Lurah Tegalrejo memberikan himbauan kepada warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pemantauan jentik secara rutin dan memberikan ikan pemakan jentik di tempat penampungan air. “Dengan memberikan ikan pemakan jentik, dapat mengurangi populasi nyamuk DBD. Hal ini lebih efektif untuk memutus mata rantai pekembangbiakan nyamuk karena ikan pemakan jentik berperan sebagai predator alami jentik nyamuk”, Pungkasnya.

Upaya pencegahan penyakit DBD melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dinilai sangat efektif dalam pengendalian vektor DBD yaitu Aedes Aegypti dan Ae. Albopictus.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat sehingga masyarakat mau dan mampu melakukan upaya pencegahan penyakit DBD. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *