Pembekalan dan Pemeriksaan Kesehatan Prajurit TNI

Yonif Mekanis 411 – Sebanyak 400 prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG 2019 mendapatkan pembekalan dan pemeriksaan kesehatan sebelum bertugas dalam pengamanan batas wilayah Papua, di Aula Yonif Mekanis Raider 411 Salatiga, Jum’at (21/06).

Seluruh peserta mendapatkan pembekalan kesehatan diantaranya berbagai masalah kesehatan yang mungkin timbul selama bertugas. Dr. Yulia Arisna Triwi selaku dokter Puskesmas Mangunsari menyampaikan materi tentang penyakit HIV/AIDS. Selain itu disampaikan pula materi mengenai Infeksi Menular Seksual (IMS) oleh dr. Akbar Andriansyah selaku dokter Poliklinik 411.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan yang terdiri atas deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM), Malaria, HIV dan TB dilakukan untuk mengetahui status kesehatan terkini seluruh peserta. Pemeriksaan kesehatan diawali dengan deteksi PTM oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Sidorejo Lor, antara lain pemeriksaan tekanan darah (tensi), berat badan, lingkar perut, cek kadar asam urat, kolesterol, dan gula darah. Selanjutnya peserta menjalani tes malaria yang diperiksa oleh tim kesehatan dari B2P2VRP, dilanjutkan dengan pemeriksaan HIV dan TB oleh tim kesehatan BKPM.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan seluruh peserta mengenai berbagai masalah kesehatan potensial selama bertugas seperti HIV/AIDS dan IMS. Sehingga seluruh peserta dapat melakukan berbagai upaya pencegahannya. Selamat bertugas, semoga senantiasa sehat dan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *