Pembekalan Pelaksanaan OSOC

DKK Salatiga – Sebanyak 50 mahasiswa Stikes Ar-Rum dan Akbid Bhakti Nusantara mengikuti pertemuan pembekalan pelaksanaan One Student One Client (OSOC), di Aula II DKK Salatiga, Jum’at (28/06). Pertemuan ini dibuka oleh Kasi Kesga dan Gizi, Suparli, SKM, M.Kes. Narasumber dari DKK Salatiga, Anisah Munawaroh, SKM dan Aulia Rahmasiwi, Amd.Keb.
OSOC merupakan pendampingan ibu hamil beresiko tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa kebidanan dan didampingi DKK Salatiga. Prinsip program ini adalah asuhan secara berkelanjutan mulai dari kehamilan, persalinan, nifas sampai bayi baru lahir.

Program OSOC ini dinilai sangat membantu dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI dan AKB). Karena melalui program asuhan berkelanjutan, dapat dilakukan deteksi dini adanya faktor resiko AKI/AKB.

Dalam sambutannya Kasi Kesga dan Gizi, Suparli, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa penurunan AKI dikota Salatiga tak lepas dari peran serta dan dukungan dari Perguruan Tinggi dengan prodi Kebidanan. Kegiatan OSOC bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa agar berpartisipasi dalam pendampingan ibu hamil. Beliau menambahkan “semoga OSOC di Salatiga dapat berjalan optimal dan menjadi unggulan”.

Diharapkan kegiatan ini menjadi bekal bagi mahasiswa kebidanan untuk menimba ilmu dalam melakukan asuhan kebidanan secara profesional sekaligus menurunkan AKI dan AKB Kota Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *