Pembelajaran Audit Maternal Perinatal (AMP )Kota Salatiga

Audit Maternal Perinatal (AMP) adalah suatu kegiatan yang menelusuri kembali sebab kesakitan dan kematian ibu dan bayi dengan tujuan mencegah kesakitan dan kematian yang akan datang serta dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Bertempat di Ruang Plumpungan Setda Kota Salatiga, Rabu 5 Januari 2022 diadakan AMP yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, perwakilan dari oganisasi IDI dan IBI, komunitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Ibu dan anak, praktek mandiri bidan.

Kegiatan ini di buka dengan Sambutan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto SE., MM dalam kesempatan tersebut Beliau menyampaikan, peran tenaga kesehatan pada pelayanan kesehatan ibu dan anak serta kesehatan reproduksi sangat mendukung derajat kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan apa yang akan dicapai Pemerintah Daerah dalam pembangunan kesehatan baik untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Prevalensi Gizi Buruk dan prevalensi stunting.

Dalam Kegiatan tersebut diisi oleh beberapa narasumber yaitu, dr. Roby Hermawan, Sp.OG. (K), dr. Agung Supriandono, Sp.OG. ,dr. Dwi Ambarwati, Sp.A, dr. Listya Eko Wulandari, Sp.A., Kabid Kesmas Dinkes Prov. dr. Wahyu Setianingsing, M. Kes (Epid), dan Kasi Kesga Gizi Dinkes Prov. dr. Nirmala Safitri, M.Kes (Epid). Dalam kegiatan AMP, Selain membahas permasalan kesehatan ibu dan bayi, pertemuan ini juga sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan bagi peserta tentang penanganan keselamatan ibu dan bayi saat proses persalinan.

Dengan adanya AMP ini diharapkan mutu pelayanan terhadap ibu dan bayi semakin meningkat sehingga angka kematian ibu dan bayi dapat diturunkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *