Pembinaan Kader Kesehatan Lingkungan

Kelurahan Kutowinangun Lor – Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat berharga dalam kehidupan manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia adalah lingkungan. Keseimbangan antara lingkungan dan manusia akan mewujudkan lingkungan yang baik sehingga tercapai kondisi yang bersih, sehat, nyaman dan aman serta terhindar dari gangguan berbagai macam penyakit. Dalam mewujudkan lingkungan yang sehat diperlukan peran serta berbagai pihak utamanya masyarakat luas.

Dalam upaya mewujudkan kesehatan lingkungan di Kota Salatiga, DKK Salatiga mengadakan kegiatan pembinaan kader kesehatan lingkungan, Senin-Selasa (08-09/04). Kegiatan dibuka oleh Kasi KLKK, Winarni, SKM. Sasaran kegiatan sebanyak 60 orang yang terdiri atas kader kesehatan lingkungan (kesling) Kecamatan Sidorejo dan Tingkir. Narasumber dari DKK Salatiga M.Marhadi, SKM, Winarni,SKM dan Asfiyah, SKM serta Mamik Pujiastuti, Amd.KL (Puskesmas Sidorejo Lor), Nurdin dan Tintin Sri Rejeki (Puskesmas Sidorejo Kidul).

Berbagai upaya penyehatan lingkungan telah dilakukan di Salatiga. Diantaranya oleh Puskesmas yang membuka pelayanan kesehatan lingkungan antara lain konseling, Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL), dan Intervensi Lingkungan melalui perbaikan dan pembangunan sarana menggunakan teknologi tepat guna.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada kader kesling tentang berbagai program kesehatan lingkungan di Puskesmas. Sehingga kader kesling dapat bermitra dengan petugas kesling di Puskesmas dalam melaksanakan monev dalam bidang kesehatan lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, dan menjadikan kader kesling menjadi agen perubahan lingkungan utamanya dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *