Pemeriksaan Deteksi Dini Penyakit di PT Manunggal Group

PT Manunggal Group – Sebanyak 160 karyawati PT Manunggal Group yang terdiri atas PT. Damatex, PT. Argo Manunggal Triasta (AMT), dan PT. Timatex mengikuti pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) pada Selasa 26 Februari 2019. Pemeriksaan dilakukan di Klinik Pratama Manunggal, Jl. Argobusono No. 1 Salatiga oleh tim pemeriksa kesehatan DKK Salatiga . Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia Tahun 2019.

Kanker Servick merupakan kanker terbanyak di Indonesia. Penyakit ini terjadi karena karena sel yang ada di leher rahim berkembang secara tidak normal dan tak terkendali karena infeksi virus Human Pappiloma Virus (HPV). Sedangkan Kanker Payudara terjadi karena sel payudara yang berkembang tidak semestinya.

Kanker sevick dan kanker payudara berpotensi menyebabkan kematian dikalangan kaum hawa. Untuk itu perlu dilakukan upaya dini untuk pencegahannya. Salah satunya dengan test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis).

Rangkaian kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis dimulai dari pendaftaran, pengukuran tinggi badan (TB) dan berat badan (BB), pengisian formulir, pemeriksaan sadanis, pemeriksaan IVA, pembacaan hasil oleh dokter pemeriksa, dilanjutkan dengan konsultasi dan diakhiri dengan pemberian souvenir oleh petugas. Untuk dapat dilakukan pemeriksaan IVA, harus memenuhi beberapa syarat antara lain tidak sedang menstruasi, tidak hamil, dan tidak berhubungan seksual selama 3 hari sebelum pemeriksaan.

Pencegahan kanker servick dapat dilakukan dengan membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan CERDIK, serta melakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *