Pemeriksaan Dini Deteksi Kanker Leher Rahim di PT. Damatex

PT Damatex – Sebagai upaya mendeteksi dini dalam mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker leher rahim, DKK Salatiga mengadakan kegiatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dengan Inspeksi Visual Asamasetat (IVA) dan Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis), di PT. Damatex dan PT. Argo Manunggal Tri Asa, Senin-Selasa (24-25/02/2020) dengan peserta sebanyak 150.

Kanker leher rahim/servick merupakan kanker terbanyak di Indonesia. Penyakit ini terjadi karena sel yang ada di leher rahim berkembang secara tidak normal dan tak terkendali karena infeksi virus Human Pappiloma Virus (HPV). Sedangkan Kanker Payudara terjadi karena sel payudara yang berkembang tidak semestinya. Padahal apabila diketahui sejak dini dan mendapatkan penanganan yang tepat, kanker leher rahim dan kanker payudara dapat disembuhkan. Inilah pentingnya melakukan deteksi dini kedua jenis kanker tersebut.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, seluruh peserta melakukan registrasi, pengisian formulir, cek tekanan darah terlebih dahulu. Kemudian, dokter pemeriksa akan membacakan hasil pemeriksaan sekaligus membuka kesempatan berkonsultasi. Disediakan souvenir menarik bagi seluruh peserta.

Pencegahan kanker servick dapat dilakukan dengan membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan CERDIK, serta melakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis secara rutin.

Mari kita bersama mencegah kanker leher rahim dan kanker payudara. Wanita Indonesia berhak hidup sehat tanpa kanker!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *