Pemeriksaan IVA dalam Rangka Memperingati Hari Kartini

Puskesmas Cebongan – Perjuangan R.A Kartini telah menginspirasi seluruh wanita di Indonesia. Sebagaimana semangat R.A Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita terdahulu, telah melahirkan Kartini masa kini dengan jiwa tangguh yang siap meneruskan perjuangan R.A KArtini. Namun dibalik tangguhnya seorang wanita, terdapat berbagai penyakit yang mengancam jiwa antara lain kanker leher rahim/servick dan kanker payudara. Untuk itu sangat penting dilakukan deteksi dini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 140 tahun 2019, TP PKK Kota Salatiga bersama DKK Salatiga menyelenggarakan kegiatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim/Servick dan Kanker Payudara, Kamis (25/04). Kegiatan diikuti sekitar 30 orang yang terdiri atas PKK Kota Salatiga dan masyarakat umum. Metode yang digunakan dalam deteksi dini kanker leher rahim dengan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA), sedangkan kanker payudara dengan pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS).

Kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian bagi kaum wanita. Karena kebanyakan penderita mengakses pelayanan kesehatan ketika telah memasuki stadium lanjut. Padahal apabila diketahui sejak dini dan mendapatkan penanganan yang tepat, kanker leher rahim dan kanker payudara dapat disembuhkan. Inilah pentingnya melakukan deteksi dini kedua jenis kanker tersebut.

Selain itu, pencegahan terhadap penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara dapat dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Ingat untuk selalu berperilaku CERDIK dalam mencegah berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM).

Mari kita bersama mencegah kanker leher rahim dan kanker payudara. Wanita Indonesia berhak hidup sehat tanpa kanker!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *