Peringatan Hari AIDS sedunia

Kampus IAIN Salatiga – Sekitar 600 orang yang terdiri atas Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kader Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi se-Kota Salatiga dan Organisasi masyarakat serta organisasi profesi terkait turut memeriahkan acara Peringatan Hari AIDS Sedunia, di Kampus III IAIN Salatiga, Jum’at (06/12/2019).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, SS, M.Si. Turut Hadir dalam acara tersebut, Rektor IAIN Salatiga, Prof Dr. Zakiyuddin, M. Ag, Wakil DPRD Kota Salatiga, Latif Nahari, ST, serta pimpinan OPD terkait.

Hari AIDS Sedunia (HAS) yang diperingati setiap 1 Desember merupakan momentum untuk menguatkan kembali komitmen dan partisipasi semua pihak dalam pengendalian HIV/AIDS. Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Walikota Salatiga bahwa masalah HIV/AIDS tidak bisa selesai jika hanya ditangani oleh Pemerintah Kota Salatiga melalui DKK Salatiga. “Pemerintah Kota Salatiga perlu menggandeng institusi lintas sektor untuk bersinergi bersama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kota Salatiga” Imbuhnya.

Rangkaian acara peringatan HAS tahun ini antara lain senam bersama, pemeriksaan kesehatan meliputi cek dahak, cek VCT, dan pemeriksaan PTM yaitu ukur berat badan, lingkar perut, cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol. Selain itu, Panitia Peringatan HAS 2019 memberikan penghargaan bagi promotor peduli HIV/AIDS, yang terdiri atas 4 orang yaitu Mahasiswi IAIN Salatiga selaku Duta Peduli HIV/AIDS, dr. Fitria Mahanani selaku Ibu Hamil Pejuang Triple Eliminasi, Yuni Ambarwati, SH (Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga) selaku Kepala OPD Peduli HIV/AIDS, dan Bunyati (Pemilik PT AAJ) selaku Perusahaan Peduli HIV/AIDS.

Mengusung tema “Bersama Masyarakat Meraih Sukses” peringatan HAS Nasional tahun ini mengharapkan peran serta dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk turut aktif dalam mendukung program pemerintah mencapai 3 Zero pada tahun 2030, yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian karena HIV/AIDS dam tidak ada diskriminasi terhadap ODHA.

Di akhir sambutannya, Wakil Walikota Salatiga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sekaligus mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kerjasama dan komitmen dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. “ Mari kita tingkatkan kerjasama dan komitmen untuk mengeliminasi HIV/AIDS sejak dini untuk mencetak generasi sehat dan unggul” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *