Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55

Pemkot Salatiga – Sekitar 1500 orang yang terdiri atas forkopimda, Camat, Lurah, Perwakilan Puskesmas, Rumah Sakit, Organisasi Profesi, SMP/MTs dan SMA/MA sederajat se-Kota Salatiga turut memeriahkan Kegiatan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 di Halaman Pemkot Salatiga, Jum’at (15/11/2019).

Kegiatan dimulai dengan Apel Luar Biasa sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, dilanjutkan dengan Pencanangan Kota Salatiga ODF oleh Kasi Keslingkerjaor Dinkes Prov Jateng, I Dewa Made W, SKM, M.Kes.

Pada apel tersebut Drs. Fakruroji memberikan penghargaan kepada FKTP berprestasi kategori klinik, tenaga kesehatan teladan, Lomba PHBS, Lomba Kelurahan Bebas Jentik, Lomba Pengembangan Kesehatan Reproduksi Remaja Periode I dan II, serta lomba badminton dan volley dalam rangka HKN Ke-55.

Dalam rangka mengajak masyarakat untuk beraktivitas fisik, Panitia HKN ke-55 Kota Salatiga merangkul GOWES Ganesa Salatiga yang turut serta memeriahkan acara dengan bersepeda berdasarkan rute yang ditentukan. Selain itu, untuk mengimplementasikan GERMAS di Kota Salatiga sekaligus mengkampanyekan pentingnya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), peserta diajak untuk melakukan Parade Germas dengan membawa media promosi kesehatan subtema PSN dengan ikanisasi dan tema GERMAS.

Selain mengkampanyekan GERMAS, peserta dari institusi pendidikan juga diajak untuk melaksanakan PSN menggunakan predator alami seperti ikan pemakan jentik. Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes secara simbolis memberikan ikan pemakan jentik kepada Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Kota Salatiga yang bertujuan agar seluruh warga sekolah dapat melakukan PSN di lingkungan masing-masing.

Selain rangkaian acara diatas, pada peringatan HKN ini disediakan stand untuk pelayanan kesehatan dari berbagai instansi dan organisasi profesi antara lain DKK, RSPAW, RSUD, RS Puri Asih, RSIA Mutiara Bunda, PERSAGI, PATELKI,IFI, Lab Prodia, Lab Pramita dan donor darah dari PMI.

Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu spirometri, screening TB dan screening PTM, Konsultasi THT dan kulit, Baby spa, konsultasi gizi, konsultasi fisioterapi, serta promosi pelayanan laboratorium.

Bertemakan Generasi Sehat Indonesia Unggul, Panitia HKN Ke-55 Kota Salatiga mengajak seluruh masyarakat Kota Salatiga untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui GERMAS sehingga tercipta derajat kesehatan masyarakat Kota Salatiga yang tinggi untuk mewujudkan generasi Indonesia yang sehat serta Indonesia menjadi bangsa yang unggul, maju, makmur dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.