Pertemuan Koordinasi Kader Posbindu Tingkat Kota Salatiga

DKK Salatiga – Posbindu PTM merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat guna melakukan deteksi dini faktor risiko (FR) PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Tahun 2021 masih dalam situasi pandemi, peran Posbindu sangat penting dalam menjaga dan melindungi penyandang PTM dan orang-orang yang memiliki faktor risiko PTM, oleh sebab itu Posbindu PTM harus tetap berjalan dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai dengan sasaran dan tetap memperhatikan tahap kegiatan, protokol kesehatan, dan pelaporan yang tepat. Guna mencapai kesepahaman tersebut, maka Dinas Kesehatan Kota Salatiga melakukan Pertemuan Koordinasi Kader Posbindu Tingkat Kota pada Rabu-Kamis, 17-18/02/21.Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes. Hadir sebagai peserta yaitu Ketua Kader Posbindu PTM dan Kader IT Posbindu PTM masing-masing kelurahan sebanyak 46 orang, dan Pengelola Program PTM Puskesmas sebanyak 6 orang.

Puskesmas bertanggung jawab untuk membina kader dan mengawasi keberjalanan Posbindu. Kader dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM. Peran kader Posbindu bukan hanya melakukan deteksi dini faktor risiko PTM tetapi juga menyasar sasaran usia produktif di semua wilayahnya hingga melakukan pelaporan by name by address yang masuk ke website SIPTM Kemenkes.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Kader Posbindu PTM, membentuk kesepahaman antara Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Kader dalam pelaksanaan Posbindu PTM, serta memonitoring pelaporan Posbindu PTM. Dan satu hal yang sangat penting adalah mewujudkan kegiatan Posbindu PTM di Kota Salatiga sebagai upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko PTM secara dini dan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *