Pertemuan Monev Pelaksanaan Pendampingan Ibu Hamil

DKK Salatiga – Kesehatan Ibu selama masa kehamilan sangat penting untuk dijaga, karena akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil tersebut. Untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil, diperlukan pendampingan selama masa kehamilan.

Dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kota Salatiga, DKK Salatiga mengadakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pendampingan Ibu Hamil oleh Dasawisma, di Aula II DKK Salatiga, Rabu (24/07/2019).

Sebanyak 46 orang anggota dasawisma se-Kota Salatiga hadir dalam acara tersebut. Kegiatan dibuka oleh Kasi Kesga dan Gizi, Suparli, SKM,M.Kes. Narasumber Aulia Rahmasiwi, Amd.Keb dan Anisah Munawaroh, SKM.

“Kota Salatiga berhasil masuk 5 besar Kab/Kota dengan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tertinggi di Indonesia. Indeks tersebut mengikutsertakan 30 indikator kesehatan yang mana kader kesehatan turut berperan didalamnya” Papar Suparli, SKM, M.Kes dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan apresiasi kader kesehatan atas kerelaan dan keikhlasannya dalam mendampingi ibu hamil.

Disela kegiatan ini dilakukan penyerahan piala lomba Kelompok Sayang Ibu (KSI). Adapun kelurahan yang berhasil meraih juara I adalah Keluarahan Dukuh, Juara II Kelurahan Kumpulrejo, Juara III Kelurahan Kutowinangun Kidul, Harapan I Kelurahan Mangunsari, Harapan II Kelurahan Blotongan, dan Harapan III Kelurahan Ledok.

Kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan AKI dan AKB Kota Salatiga serta dapat meberikan deteksi dini tanda bahaya kehamilan sekaligus mencegah terjadinya stunting. Mari kita ciptakan generasi Salatiga sehat dan kuat bebas stunting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *