Pertemuan Pembinaan pendampingan ibu hamil Risti

DKK Salatiga – Sebanyak 46 Anggota Dasa Wisma se-Kota Salatiga mengikuti Pertemuan Pembinaan Pendampingan Ibu Hamil Risiko Tinggi (Risti) di Aula II DKK Salatiga, Kamis (22/08/2019). Kegiatan dibuka oleh Kasi Kesga dan Gizi, Lilis Arum Pratiwiningsih, SKM, M.Kes. Hadir sebagai narasumber dari DKK Salatiga, Aulia Rahma Siwi, Amd.Keb dan Anisah Munawaroh, SKM.

Dalam sambutannya Kasi Kesga dan Gizi mengajak seluruh anggota Dawis untuk mendukung ibu hamil risiko ringgi melalui program pendampingan. Beliau juga meminta dukungan dari Pemegang Program KIA Puskesmas untuk turut memantau kegiatan pendampingan ibu hamil risti yang dilakukan oleh anggota dawis.

Kegiatan pendampingan ini sebagai langkah pemberdayaan masyarakat, supaya masyarakat mau dan mampu memberikan edukasi kepada ibu hamil risti di daerahnya. Hal ini bertujuan agar ibu hamil risti tetap sehat dan selamat, baik ketika hamil, melahirkan maupun saat nifas.

Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya bahaya atau komplikasi baik terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya selama masa kehamilan, melahirkan ataupun nifas bila dibandingkan dengan kehamilan persalinan dan nifas normal.Ibu hamil dikategorikan berisiko tinggi apabila usia ibu hamil <20 tahun dan >35 tahun, jarak kehamilan < 2 tahun, penyakit penyerta (hipertensi, diabetes),dll.

Melalui kegiatan pendampingan ibu hamil risiko tinggi akan meminimalisir Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kota Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *