Pertemuan Peran Serta TOGA, TOMA dalam Penerapan PPKM Mikro di Kota Salatiga

Polres Salatiga – Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Salatiga Suhardi, SKM, M.Kes, hadir sebagai narasumber dalam pertemuan Peran Serta TOGA, TOMA dalam Penerapan PPKM Mikro di Kota Salatiga, yang diselenggarakan oleh Polres Salatiga pada Rabu, 3/3/2021.

Peserta kegiatan ini terdiri dari Kasi Trantib Kelurahan, Ketua FKPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Santri Pondok Pesantren, Paguyuban Rias, LPK Serba Indo, dan Komunitas Hijet Masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman peserta mulai dari konsep, unsur yang terlibat, serta bagaimana cara mengoptimalkan peran mereka dalam pelaksanaan PPKM Mikro di Kota Salatiga. Serta bagaimana dampak pelaksanaan PPKM Mikro terhadap kasus COVID-19 di Wilayah Kota Salatiga.

Dalam paparannya Suhardi menjelaskan bahwa secara umum peran TOGA, TOMA dan unsur lain yang terlibat dalam PPKM Mikro yaitu ikut mendukung SE Wali Kota Salatiga Salatiga Nomor : 443.1/137/101.2 tentang perpanjangan PPKM Mikro Tingkat Kota Salatiga Tahap III dan PPKM Mikro Tingkat RT, membantu petugas kesehatan dalam menemukan kasus suspect dan pelacakan kontak erat di lapangan, melakukan upaya KIE untuk isolasi mandiri bagi pasien postitif dan kontak erat dengan pengawasan ketat, melakukan upaya KIE terhadap kegiatan-kegiatan di tempat umum, melakukan upaya KIE tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan mulai dari 3 M tingkat individu, 5 M tingkat keluarga, 7 M tingkat tetangga, sampai 9 M di tingkat masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penularan COVID-19, ikut melakukan upaya koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan PPKM Mikro terutama di tingkat kelurahan.

Berdasarkan hasil analisis pelaksanan PPKM Mikro ada dampak positif penerapan PPKM Mikro dalam penurunan kasus COVID-19 di Kota Salatiga. Hal ini bisa dikatakan bahwa unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan PPKM Mikro khususnya dan masyarakat secara umum sudah melakukan upaya yang positif dalam penurunan kasus COVID-19. Hal ini perlu ditingkatkan dengan tetap waspada dan selalu mengedepankan protocol kesehatan dalam semua aktifitas dan kegiatan.

Dengan adanya PPKM Mikro ini diharapkan dapat menurunkan jumlah kasus COVID-19 di Kota Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *