Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) di DKK Salatiga

DKK Salatiga – Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Meningkatnya PTM merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia.

PTM dipicu berbagai faktor risiko antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan gaya hidup tidak sehat. Peningkatan PTM berdampak negatif pada ekonomi dan produktivitas bangsa. Pengobatan PTM seringkali memakan waktu lama dan memerlukan biaya besar.

Dalam upaya deteksi dini PTM, DKK Salatiga mengadakan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM yang diikuti seluruh pegawai DKK Salatiga pada Jum’at 1 Maret 2019. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin sebagai langkah awal pencegahan PTM.

Sebelum pemeriksaan posbindu dimulai, terlebih dahulu peserta mengikuti senam bersama. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan yang terdiri atas pengukuran berat badan (BB), tinggi badan (TB), lingkar perut, tensi, cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Melalui kegiatan ini seluruh peserta dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini dan potensi adanya PTM dapat teridentifikasi sedini mungkin. Sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dan meminimalisir faktor risiko PTM.

Sudahkan Anda memeriksa kesehatan secara rutin?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *