Rapat koordinasi kesigapan infeksi Corona Virus

DKK Salatiga – Dalam upaya kewaspadaan dini terhadap Virus Corona, DKK Salatiga mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan infeksi Corona Virus di Aula II DKK Salatiga, Rabu (29/01/2020). Peserta sejumlah 18 orang yang terdiri atas Direktur Rumah sakit dan Kepala Puskesmas se-Kota Salatiga.

Acara dibuka oleh Kabid P2P, Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes. Hadir sebagai narasumber Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes dan Direktur Medik dan Keperawatan RSPAW, dr. Hasto Nugroho, Sp. P, MKM, FISR.

Virus Corona (2019-nCov) merupakan virus baru penyebab gangguan pernapasan yang berasal dari China. Virus ini masih satu keluarga dengan virus penyebab MERS dan SARS.

Hingga 26 Januari 2020, ditemukan 1.320 kasus infeksi Coronavirus yang terjadi di 10 Negara dan 41 diantaranya meninggal dunia (CFR 3,1%). Infeksi Coronavirus harus diwaspadai karena seiring bertambahnya hari, semakin bertambah kasus yang ditemukan.

Dalam sambutannya Kabid P2P menyampaikan bahwa diperlukan Sistem Kewaspadaan Dini terhadap infeksi Virus Corona untuk mencegah infeksi virus tersebut.

Demikian halnya dengan Direktur Medik dan Keperawatan RSPAW yang menyampaikan beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait infeksi Virus Corona antara lain apabila ditemukan gejala klinis (demam, batuk, sakit tengorokan, sesak napas) yang memburuk, tenaga kesehatan rumah sakit dan riwayat pergi ke China.

Dipenghujung acara, Kepala DKK Salatiga memberikan arahan agar seluruh fasilitas kesehatan melakukan manajemen tata kelola sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Lakukan anamnesa dengan baik dan laksanakan prosedur tetap resmi sesuai kewenangan” Imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *