Reakreditasi Puskesmas Cebongan

Puskesmas Cebongan – Memiliki seluruh puskesmas terakreditasi merupakan salah satu prestasi Pemerintah Kota Salatiga. Akreditasi merupakan pengakuan terhadap pemenuhan mutu manajemen puskesmas (UKM,UKP dan Admen) dan manajemen mutu keselamatan pasien oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (KA FKTP). Pengakuan ini diberikan kepada FKTP apabila telah memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan.

Puskesmas Cebongan sebagai satu-satunya Puskesmas Rawat Inap di Salatiga menerima kunjungan Tim Surveior Akreditasi Puskesmas di Aula Puskesmas Cebongan, Selasa (25/06). Kunjungan tersebut dalam rangka reakreditasi Puskesmas Cebongan yang sebelumnya meraih kategori Madya. Tim surveior terdiri atas 3 orang yang diketuai oleh dr. Hj. Renny Meilia Yuliawatie (UKP) beserta anggotanya, Vera Herlina, SKM (Admen) dan Mismaini Noor, SKM, MKM (UKM). Dijadwalkan Tim Surveior akan melakukan survei akreditasi selama 3 hari, dimulai Selasa hingga Kamis, 25-27 Juni 2019.

Reakreditasi dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE,MM, didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Siti Zuraidah, SKM,M.Kes. Turut hadir Kapolsek Argomulyo beserta Babinkamtibmas Polsek Argomulyo, Perwakilan Kecamatan Argomulyo, Lurah Ledok, Lurah Cebongan, perwakilan Kelurahan Noborejo untuk memberikan dukungan semangat bagi Puskesmas Cebongan.
Menjelang reakreditasi, Puskesmas Cebongan telah melakukan berbagai persiapan untuk suksesnya acara ini. Keberhasilan reakreditasi tak lepas dari peran serta seluruh pegawai Puskesmas Cebongan dan penanggung jawab pokja, dr. Galuh Ajeng H (Mutu), Agus Shocheh, AMK (Admen), dr. Ratih Vitha Atika (UKM), dan dr. Ratih Kusuma D (UKP), serta bantuan dari berbagai pihak terkait.

Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE,MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat 3 bidang prioritas pembangunan Pemkot Salatiga salah satunya bidang kesehatan yang diprioritaskan pada pembangunan fisik dan non fisik untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dan mutu puskesmas dan rumah sakit. Beliau berharap melalui reakreditasi ini, tim surveior dapat memberikan semangat, sumbangsih saran dan rekomendasi kepada Puskesmas Cebongan untuk meningkatkan mutu pengelolaan pelayanan dan manajemen. Selanjutnya Puskesmas Cebongan dapat menindaklanjuti catatan yang diberikan oleh tim surveior.

Selama survei reakreditasi Kepala Puskesmas Cebongan berkomitmen untuk tidak meninggalkan puskesmas dan memberikan semua akses bagi tim surveior untuk menelaah dokumen pasien. Komitmen tertuang dalam hitam diatas putih yang diserahkan secara simbolis kepada Ketua Tim Surveior. Demikian halnya dengan Ketua Tim surveior yang menyerahkan komitmen kepada Kepala Puskesmas Cebongan untuk menjaga kerahasiaan dokumen instrumen akreditasi.

Selamat berjuang Tim Reakreditasi Puskesmas Cebongan… Semoga dimudahkan segala tahapannya dan mendapatkan hasil memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *