Antusiasme Masyarakat di Stand Dinas Kesehatan pada Salatiga Expo Sangat Tinggi

Lapangan Pancasila – Dinas Kesehatan adalah salah satu dari 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Salatigadan juga instansi vertikal lainnya yang meramaikan gelaran Salatiga Expo 2018 yang terdiri dari 120 stand. Pameran ini dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, Jum’at 13/07.

Kegiatan Salatiga Expo bertema “Ayo Wujudkan Salatiga Hati Beriman Yang SMART” dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, Jumat 13/07 sampai Minggu 15/07 di Lapangan Pancasila jam 08.00 – 21.00 WIB.

Setelah meresmikan pembukaan Salatiga Expo, Walikota Yuliyanto bersama Forkopimda dan jajaran pimpinan lainnya melakukan kunjungan ke stand, salah satunya Dinas Kesehatan. Sebelum masuk ke stand, meraka menikmati jamu gendong tradisional yang merupakan inovasi dari Puskesmas Tegalrejo dalam memanfaatkan TOGA. Di sini mereka melakukan cek kesehatan yaitu gula darah, asam urat, kolesterol, kemudian konsultasi tentang masalah kesehatan.

Antusiasme masyarakat Kota Salatiga terhadap pelayanan yang diberikan di stand Dinas Kesehatan sangat tinggi. Hal tersebut diketahui dari padatnya pengunjung selama 3 hari berturut-turut untuk mendapakan cek kesehatan dan konsultasi secara gratis.

Dinas Kesehatan pada Expo kali ini mengusung tema “Sehat Salatigaku dengan GERMAS Hidup Sehat”. Pelayanan yang diberikan antara lain : (1) Konsultasi dan brainbooster (kehamilan, bayi, anak, gizi), (2) Konsultasi Perijinan Industri Rumah Tangga, (3) Cek kesehatan, gula darah, asam urat, kolesterol, (4) Skrining jiwa. Selain itu ada simulasi kegiatan :  (1) Pemeriksaan keamanan pangan, Penanganan kegawatdaruratan penyakit jantung oleh PSC 119 SMES, edukasi cuci tangan pakai sabun, edukasi pemilahan sampah, dan permainan ular tangga GERMAS dengan hadiah utama TV LED 22” diraih oleh Rais Divijad Sudiono, siswa SD Sidorejo Lor 3, rumah Jl. Margosari No. 24 RT 5 RW 1 Salatiga.

Icon GERMAS juga ikut meramaikan gelaran di stand Dinas Kesehatan. Trio Icon yaitu buah semangka (Si Kaka), wortel (Si Wowo), dan CTPS (Si Cibun) sangat menarik antusias pengunjung. Mereka berfoto ria bersama. Icon ini merupakan salah satu edukasi kepada masyarakat untuk selalu makan buah dan sayur setiap hari dan cuci tangan pakai sabun.

Dinas Kesehatan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim panitia dan Puskesmas se-Kota Salatiga atas dukungan dan kerjasamanya, sehingga Dinas Kesehatan meraih Juara II Stand Terbaik Salatiga Expo 2018. (tw).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *