Seminar Ibu dan Anak

Aula Ganesha – Sebanyak 100 orang anggota Fatayat NU se-Kota Salatiga menghadiri Seminar Ibu dan Anak, di Aula Ganesha, Selasa (3/12/2019). Acara dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM. Narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM,M.Kes dan Dokter Spesialis Anak RSUD Salatiga, dr. Listya Eko Wulandari, Sp.A.

Mengangkat tema “ Sukseskan ASI Eksklusif dalam Percepatan Penurunan Stunting”, seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada seluruh peserta tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan guna mencegah stunting.

Stunting merupakan kondisi dimana tinggi seorang anak, lebih pendek dari anak-anak seusianya. Stunting terjadi akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan otak dan tubuh balita tumbuh tidak sempurna. Anak yang mengalami stunting ketika dewasa berpotensi terkena penyakit kronis, serta berisiko mengalami penurunan produktivitas di usia produktif.

Kondisi stunting dapat dicegah dengan mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan, dimulai sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Mulai awal kehamilan, Ibu Hamil disarankan untuk periksa kehamilan minimal 4 kali, yaitu 1 kali di trimester pertama, 1 kali di trimester kedua dan 2 kali di trimester ketiga. Kemudian pilihlah termpat bersalin di tenaga kesehatan praktek mandiri (dokter/bidan), klinik bersalin atau rumah sakit. Selanjutnya berikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan, dan jangan lupa untuk imunisasi anak sesuai jadwal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *