Seminar Kesehatan Virus Corona

Kaloka Setda – Sebanyak 220 orang yang terdiri atas TP PKK Kelurahan dan Kecamatan, Organisasi Masyarakat, Kader Kesehatan, Petugas Kesehatan Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Salatiga mengikuti Seminar Kesehatan Virus Corona, di Ruang Kaloka Setda Kota Salatiga, Rabu (26/02/2020).

Acara dibuka oleh Kasi P2P DKK Salatiga, Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes. Narasumber dari Dinkes Prov Jateng, Sutarman, SKM, M.Kes dan Direktur Medik dan Keperawatan RSPAW Salatiga, dr. Hasto Nugroho, Sp.P (K), MKM, FISR serta Kasi SKI DKK Salatiga, dr. Tasfiyah Sri Prihati sebagai moderator.

Dalam sambutannya Kasi P2P DKK Salatiga menyampaikan bahwa penyakit yang disebabkan virus corona ini memiliki tingkat kematian yang tinggi dan penularannya cepat, untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya pencegahannya.

Corona Virus (COVID-19) merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan. Virus ini berasal dari China dan masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.
Infeksi Corona Virus menimbulkan gejala yang khas antara lain demam tinggi > 38 C, batuk pilek disertai gangguan pernapasan, nyeri dada/sesak napas, dan hasil rontgent paru-paru menunjukkan gambaran putih disertai menurunnya kadar leukosit dan limfosit.

Pencegahan infeksi Corona Virus dapat dilakukan dengan melakukan deteksi dini dan respon melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) salah satunya menggunakan thermal scanner yang dipasang di area strategis seperti Bandara. Alat ini mampu mendeteksi suhu tubuh manusia dan mengenali tanda awal infeksi virus corona yaitu demam >38 C sehingga dapat dilakukan tatalaksana yang tepat.

Selain itu, pencegahan virus corona dapat dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, membiasakan konsumsi gizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pembekalan pengetahuan bagi peserta untuk dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas agar dapat dilakukan upaya pencegahan infeksi Virus Corona. Acara diakhiri dengan tanya jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *