Seminar Peringatan Hari AIDS Sedunia

Kaloka Setda – HIV adalah virus yang menyebabkan kekebalan tubuh manusia menjadi lemah. Ketika kekebalan tubuh menjadi lemah, akan mempermudah bakteri dan virus penyakit untuk menginfeksi tubuh. Sekumpulan gejala dan infeksi/sindrom yang timbul karena lemah/rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV disebut AIDS. ODHA merupakan seseorang yang terdeteksi adanya virus HIV didalam tubuhnya.

Stigma dan diskriminasi terhadap ODHA masih sering ditemukan di berbagai lingkungan antara lain lingkungan masyarakat, kerja, keluarga, dsb. Tindakan diskriminasi ini membuat masyarakat enggan untuk melakukan tes HIV, enggan mengetahui hasil tes mereka, dan tidak berusaha untuk memperoleh perawatan kesehatan yang dianjurkan dan memicu untuk menyembunyikan status penyakitnya. Untuk itu sangat penting menghilangkan diskriminasi pada ODHA.

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia tahun 2018, DKK Salatiga mengadakan Seminar HIV/AIDS pada Selasa 04/12/2018. Seminar ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri atas Rumah Sakit, Puskesmas, Kelurahan, Kecamatan se-Kota Salatiga, Guru BK SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat, Perguruan Tinggi, dan Organisasi Masyarakat.

Acara ini dibuka oleh Kabid P2P, Martini,SKM,M.Kes. Narasumber Martini,SKM,M.Kes (DKK Salatiga), dr. Lucky Handaryati,Sp.KK (RSUD Salatiga), dan Sherly, S.Psi (RSUD Salatiga). Seminar ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi tentang Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dan penularan HIV serta dapat mewujudkan 3 Zero yaitu tidak ada virus HIV baru, tidak ada kematian akibat HIV, dan tidak ada stigma dan diskriminasi ODHA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.