Pelaksanaan Duta Saka SBH di SMK Negeri 2 Salatiga

SMK N 2 Salatiga – Sebanyak 600 siswa kelas X SMKN 2 Salatiga mengikuti sosialisasi Saka Bakti Husada (SBH) di Lapangan SMKN 2 Salatiga, Sabtu (15/02/2020).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kasi Promkes DKK Salatiga, Suhardi, SKM, M.Kes dengan materi Krida SBH, Tim PSC 119 SMES dengan materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Penanganan kegawatdaruratan, serta Anggota SBH Kota Salatiga yang menyampaikan materi tentang SBH dan Program Kerja SBH.

SBH merupakan salah satu organisasi kepramukaan dalam bidang kesehatan. Peran SBH dalam pembangunan kesehatan adalah untuk meningkatkan peran pramuka sebagai kader penggerak masyarakat sekaligus sebagai pelopor masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan.

Anggota SBH dibekali dengan berbagai ilmu kesehatan. Terdapat 6 krida SBH yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Pengendalian Penyakit, Krida Bina Obat, dan Krida Bina PHBS. Berbekal pengetahuan dan keterampilan enam krida tersebut, diharapkan dapat dipraktikkan dalam kehidupan nyata dalam kehidupan individu maupun bermasyarakat sehingga anggota SBH dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Di penghujung acara, peserta diajak untuk mengaplikasikan salah satu krida SBH yaitu Krida Bina PHBS melalui permainan ular tangga PHBS dan diberikan hadiah menarik bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Selain itu, seluruh peserta mendapatkan leaflet dan sticker SBH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *