Sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat Salatiga (JKMS)

Kaloka Setda – Sebanyak 300 orang terdiri dari Ketua RW dan Ketua PKK se-Kota Salatiga, perwakilan Rumah Sakit, verifikator, lintas sektor dan lintas program terkait menghadiri Sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat Salatiga (JKMS) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan pada Selasa, 26/2/2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan Universal Health Coverage di Kota Salatiga. Pelaksanaan program JKMS mengikuti prinsip-prinsip sebagaimana yang diatur dalam UU SJSN, yakni dikelola secara nirlaba, protabilitas, transparan, efisien dan efektif.

Kabid Yankes dan SDK, dr. Prasit Al Hakim dalam sambutannya menjelaskan bahwa Program JKMS ini mengupayakan masyarakat fakir miskin dan tidak mampu untuk dapat diintegrasikan dengan program PBI JKN KIS, sebelum dapat diintegrasikan maka pembiayaan menggunakan standar JKMS.

Ia berharap pada Tahun 2019 semua warga Kota Salatiga bisa tercover program JKN, sehingga akan mempercepat tercapainya Universal Health Coverage.

Hadir narasumber pada kegiatan ini yaitu :
– Sri Utami, SH : Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Pengelolaan Data Fakir Miskin pada Dinas Sosial (Peran Dinas Soaial dalam Pemanfaatan JKMS)
– RA Peni Suryanti : Kepala Kantor Operasional BPJS Cabang Salatiga (Sosialisasi Program JKN Tahun 2019)
– drg. Rita Widyaseptriana : Kasi Pembiayaan dan Pelayanan Kesehatan (JKMS Kota Salatiga).

Melalui JKMS ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan balita, dimana semua itu bermakna dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi bersama, sehingga peserta semakin memahami program JKMS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.