Sosialisasi PD3I

KPM Salatiga – Dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi sekaligus mencegah terjadinya Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) di Kota Salatiga, DKK Salatiga mengadakan kegiatan Sosialisasi PD3I di Aula KPM Salatiga, Rabu (04/03/2020). Peserta sebanyak 60 orang yang terdiri atas Kelurahan, Kecamatan, Puskesmas dan Rumah Sakit se-Kota Salatiga beserta lintas sektor terkait.

Secara resmi acara dibuka oleh Kabid P2P, Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes. Hadir sebagai narasumber dr. Tasfiyah Sri Prihati (Kasi SKI DKK Salatiga), dr. Wahyu Budianto, Sp. A (RSUD Salatiga) dan dr. Kuadiharto, Sp.PD (RSUD Salatiga).

Sebelum materi inti terlebih dahulu dr. Tasfiyah memberikan materi mengenai penyakit akibat Virus Corona (COVID-19) yang dapat dicegah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, membiasakan diri berperilaku sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan apabila flu/batuk pakailahmasker.

Kabid P2P DKK Salatiga dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan memberikan imunisasi pada bayi/balita. “Upaya ini diperlukan kerjasama yang baik dengan pemangku wilayah agar PD3I dapat dicegah dan mengurangi beban negara untuk menangani PD3I” Imbuhnya.

Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi atau PD3I adalah polio, hepatitis B, pertusis, difteri, haemophilus influenzae tipe B, campak dan tetanus. Melalui imunisasi PD3I dapat dicegah sehingga mencetak generasi Indonesia unggul.

Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang COVID-19 dan pentingnya pemberian imunisasi yang berdampak luarbiasa dalam pencegahan PD3I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.