Sosialisasi Silantor dan evaluasi pengendalian DBD

DKK Salatiga – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular potensial wabah sehingga diperlukan upaya pencegahan dan pengendalian secara tepat. Upaya tesebut membutuhkan komitmen kerjasama yang baik antara dinas terkait, lintas sektor dan dukungan masyarakat sekitar.

Dalam upaya pengendalian vektor DBD, DKK Salatiga mengadakan kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Pengendalian Vektor (Silantor) dan Evaluasi Pengendalian DBD di Aula II DKK Salatiga, Kamis (03/10/2019). Peserta sebanyak 75 orang terdiri atas Kader Pemantau Jentik dan Kasi Sospermas Kelurahan serta Petugas Sanitarian Puskesmas se-Kota Salatiga. Kegiatan dibuka oleh Kabid P2P, Junaedi,S.Kep,Ners,M.Kes. Hadir sebagai narasumber Kasi P2M, Naning Tri Harini,SKM dan Staff P2M, Dewanto Tandyo, AMK.

Silantor merupakan sistem yang dikembangkan dalam rangka kewaspadaan dini terhadap penyakit tular vektor dan zoonotik termasuk DBD. Sistem ini berbasis web dan android.

Melalui Silantor ini secara teknis tenaga kesehatan di Puskesmas mengumpulkan data vektor di wilayah kerjanya. Setelah itu data diinput ke dalam Silantor dan akan terintegrasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Provinsi, sampai ke Pemerintah Pusat.

Data yang dihasilkan Silantor dapat menggambarkan kepadatan vektor, dapat diketahui potensi penyakit yang ada sehingga dapat dilakukan upaya pencegahannya sedini mungkin.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang pengendalian vektor DBD sekaligus dilakukan evaluasi program pengendalian DBD yang telah berjalan sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan penyakit DBD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *