Talkshow dan Nobar film Balukarna

IAIN Salatiga – Sebanyak 100 orang yang terdiri atas perwakilan mahasiswa IAIN, UKSW, STIE AMA, Akbid Ar-Rum, Akbid Bhakti Nusantara, Karang Taruna, warga peduli AIDS dan pengelola program TB HIV Puskesmas se-Kota Salatiga mengikuti acara Talkshow dan nonton bareng film Balukarna di Auditorium IAIN Salatiga, Rabu (4/12/2019).

AIDS merupakan sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena infeksi Virus HIV. Gejala yang ditimbulkan antara lain demam berkepanjangan, infeksi jamur di mulut, pembengkakan kelenjar di lipatan paha, lengan, dan leher, berat badan menurun drastis, terdapat bercak ungu di kulit dan diare berkepanjangan. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang terinfeksi HIV mudah terinfeksi penyakit. Virus HIV dapat ditularkan melalui kontak darah, cairan sperma/vagina dan ASI. Cara penularannya melalui hubungan seks berganti-ganti pasangan tanpa pengaman, menggunakan alat suntik tidak steril secara bergantian, dan proses hamil, melahirkan serta menyusui. Untuk itu diwajibkan bagi ibu hamil untuk tes HIV, Sifilis dan Hepatitis melalui program ANC terpadu, yang dapat diperoleh di Puskesmas secara gratis.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan kota Salatiga, M Marhadi, SKM. Dalam sambutannya, beliau berpesan dan berharap sangat masyarakat bisa mewaspadai penularan HIV AIDS yang intinya adalah dengan merubah perilaku ke perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian dilanjutkan menyimak dan menonton bersama film Balukarna yang mengulas tentang kesehatan reproduksi, HIV dan AIDS, kekerasan seksual, kehamilan yang tidak direncanakan dan penggunaan NAPZA serta penggunaan media sosial. Turut hadir sebagai narasumber yaitu Siti Zuraidah, SKM, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan), Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes (Kabid P2P), Dodik Sulistyo. Dan ditutup dengan diskusi bersama.

Acara ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang apa itu HIV-AIDS serta pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS pada kelompok usia produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *