Vaksinasi Influenza dan Deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM)

Puskesmas Cebongan – Sebanyak 195 calon jamaah haji kota Salatiga pemberangkatan tahun 2019 mengikuti kegiatan vaksinasi influenza dan deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM) di Puskesmas Cebongan, Rabu (24/04). Kegiatan tersebut sebagai rangkaian dari Istithaah Kesehatan Calon Jamaah Haji Kota Salatiga tahun 2019.

Istithaah kesehatan jamaah haji memiliki makna kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jamaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam. Untuk Pemeriksaan Istithaah Kesehatan bagi Calon jamaah haji dilakukan untuk mengetahui kesiapan / kelaikan seseorang untuk mengikuti ibadah haji

Pada kegiatan ini, seluruh calon jamaah haji menjalani berbagai pemeriksaan antara lain pengukuran Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), lingkar perut, tensi, Gula Darah Sewaktu (GDS), asam urat, kolesterol, vaksinasi influenza dan konsultasi dokter. Bagi calon jamaah haji yang berusia dibawah 60 tahun diminta mengisi formulir screening kesehatan jiwa.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi kesehatan calon jamaah haji, sekaligus deteksi dini adanya Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu diberikan bekal kekebalan calon jamaah haji terhadap penyakit influenza melalui vaksinasi influenza.

Semoga seluruh calon jamaah haji senantiasa sehat dan selamat sehingga dapat menjalankan semua rukun ibadah haji dengan baik dan lancar. Kemudian dapat kembali lagi ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat serta menjadi haji mabrur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *