Walikota Salatiga memaparkan Inovasi Pelayanan Publik dihadapan Tim Panelis secara online

Rumdin Walikota – Walikota Salatiga memaparkan Inovasi Pelayanan Publik dihadapan Tim Panelis secara online, pada 7 Juli 2021 bertempat di Rumah Dinas Walikota Salatiga. Inovasi dengan judul “Gerakan Bersama Kita Mencegah, Menanggulangi, dan Mengobati (Gerbek Melati) Penyakit Tidak Menular di Wilayah Puskesmas Mangunsari telah meraih Finalis Top 99 dari 1.458 proposal Kategori Umum Tingkat Nasional yang masuk kedalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2021. Sesuai dengan amanat PP No. 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Pemerintah Daerah mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan dasar minimal yang merupakan hak dasar setiap warga negara. Salah satunya adalah pelayanan di bidang kesehatan. Mengacu pada VISI Kota Salatiga yaitu “ Sehat Mandiri dan Bermartabat (SMART)” serta MISI kesatu yaitu menyediakan pemenuhan pelayanan dasar melalui peningkatan akses pelayanan kesehatan. Maka Pemerintah Kota Salatiga wajib menyediakan fasilitas kesehatan sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal pada masyarakat umumnya dan masyarakat Kota Salatiga pada khususnya.

Saat ini kita dihadapkan oleh terjadinya pergeseran pola penyakit yang dulunya didominasi oleh penyakit menular, sekarang bergeser kearah Penyakit Tidak Menular (PTM). Hal ini di tandai dengan tingginya angka kesakitan dan kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM). Data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018 menunjukkan bahwa penyebab kematian tertinggi disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular antara lain Hipertensi, stroke, kencing manis, , gagal ginjal, dan kanker. Gerbek Melati merupakan salah satu inovasi atau terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Salatiga khususnya Puskesmas Mangunsari dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat direplikasikan pada lintas sektor atau stakeholder terkait, sehingga dapat menurunkan angka kejadian Penyakit Tidak Menular di Kota Salatiga, untuk menuju masyarakat Kota Salatiga yang Sehat Mandiri dan Bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.