Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Bagi Penyuluh Agama tentang HIV-AIDS

Kantor Kemenag – HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang merusak system kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan terhadap penyakit. Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium dari infeksi virus HIV, pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Pentingnya dilakukan edukasi termasuk oleh petugas penyuluh agama. Komisi Penanggulangan Aids Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Bagi Penyuluh Agama tentang HIV-AIDS pada Selasa-Rabu (09-10/07) di Aula Kemenag Kota Salatiga. Acara dibuka oleh Sekretaris KPA Kota Salatiga M. Marhadi, SKM dilanjutkan dengan materi HIV-AIDS dan IMS oleh dr. Tasfiyah Sri Prihati dan Program P2 HIV oleh Rahayunis Permatasari, SKM. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta, dilakukan pretest sebelum materi dimulai.

Pada hari kedua sebelum memulai materi, peserta diberikan kesempatan melakukan tes VCT untuk mengetahui positif atau negatif mengidap HIV. Tes VCT bersifat sukarela, yang berarti keputusan untuk tes sepenuhnya pilihan peserta dan memiliki hak untuk privasi mutlak. Kemudian dilanjutkan materi oleh Nurcholis, M.Pd.I dari Kemenag Salatiga, Puta Aryatama dari LSM Peduli Kasih dan Didik Suwarsono, SKM, MH.Kes dari Balkesmas Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *