Workshop Peningkatan Kualitas Mutu Pelayanan Posyandu Balita

Ramada Hotel, Karanganyar – Keberhasilan pengelolaan Posyandu Balita memerlukan dukungan kuat dari berbagai pihak, baik dari segi moral, material, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader.

Kader posyandu balita merupakan ujung tombak program kesehatan pemerintah, khususnya ibu dan anak, dan hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan disetiap waktu kepada warganya.

Selain itu tingkat perkembangan posyandu balita atau strata merupakan salah satu indikator renstra Dinas Kesehatan Kota Salatiga yang mana capaiannya harus selalu meningkat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Hal inilah yang mendasari Dinas Kesehatan Kota Salatiga melaksanakan Workshop Peningkatan Kualitas Mutu Pelayanan Posyandu Balita sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada kader, di Karanganyar pada 12-13 Juli 2019.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan, Priyanto Handoyo, SKM selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan capaian posyandu strata purnama dan mandiri, meningkatkan kualitas pelayanan di posyandu, meningkatkan peran kader posyandu dalam pelayanan di posyandu, serta meningkatkan pembinaan petugas kesehatan ke posyandu.

Kader posyandu adalah suatu bentuk pemberdayaan masyarakat yang pekerjaannya dilakukan secara ikhlas. Mereka harus selalu tanggap terhadap seluruh masyarakat/keluarga utamanya bayi baru lahir, bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, serta wanita usia subur, papar Kepala Dinas Kesehatan Siti Zuraidah, SKM, M. Kes dalam sambutannya.

Apabila kegiatan posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan balita.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 orang, terdiri dari 279 kader posyandu balita dan 21 petugas kesehatan. Bentuk kegiatan dalam gedung berupa ceramah motivasi dan luar gedung berupa tubing dan outbond.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *