Workshop Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)

Aula KPM – Sebanyak 50 orang yang terdiri atas perwakilan Polres Salatiga, Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Salatiga serta penyedia layanan ambulans sosial di Kota Salatiga mengikuti Workshop Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di Aula KPM Salatiga, Kamis (12/12/2019).

Acara dibuka oleh Kabid Yankes dan SDK, dr. Prasit Al Hakim. Menghadirkan narasumber Kasi Yankes dan Rujukan Dinkesprov Jateng, dr. Arief Setyo Wibowo, M.Kes.

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) adalah sebuah sistem yang merupakan koordinasi berbagai unit kerja (multi sektor) dan didukung berbagai kegiatan profesi disiplin dan multi profesi untuk menyelenggarakan pelayanan terpadu penderita gawat darurat baik dalam keadaan sehari-hari maupun dalam keadaan bencana.

Sistem ini bertujuan untuk melakukan penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit. Pelayanan ini berpedoman pada respon cepat yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi.

Pelayanan ambulans merupakan salah satu penunjang SPGDT sehingga semua kegiatan ambulans harus terkoneksi dengan sistem tersebut ditunjang dengan sistem komunikasi dan informasi yang handal. Selain itu, operasional ambulans juga harus mematuhi tata tertib dan SOP yang ditetapkan. Acara diakhiri dengan diskusi, tanya jawab dan pembentukan jejaring layanan ambulans di Kota Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *