Radio SS – Subkoordinator Seksi Farmasi, Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan Siti Zubaidah, S.Si, Apt. Menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Keamanan Pangan, Selasa, 12/04/2022.

Ramadan bulan yang penuh berkah. Selama bulan ramadan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di bulan ramadan, konsumsi makanan dan minuman cenderung meningkat untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan ibadah puasa, baik untuk berbuka puasa maupun sahur. Hidangan yang akan kita sajikan tentu harus memiliki kualitas yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi. Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari industri pangan. Oleh karena itu industri pangan adalah salah satu faktor penentu beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Keamanan pangan bukan hanya merupakan isu dunia tapi juga menyangkut kepedulian individu. Jaminan akan keamanan pangan adalah merupakan hak asasi konsumen. Pangan termasuk kebutuhan dasar terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia. Walaupun pangan itu menarik, nikmat, tinggi gizinya jika tidak aman dikonsumsi, praktis tidak ada nilainya sama sekali.

Terdapat 5 kunci keamanan pangan yaitu jagalah kebersihan (tangan, bahan makanan, alat masak, alat saji), pisahkan bahan makanan matang dan mentah, masaklah dengan benar misalnya memasukkan garam ketika api sudah mati, simpanlah bahan pangan di suhu yang sesuai, serta gunakan air dan bahan baku yang aman.

Diakhir acara, narasumber membagikan tips memilih makanan yang aman dengan “cek KLIK” meliputi cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa tak lupa juga memberikan informasi untuk mengecek keaslian suatu produk yaitu dengan mengunduh dan mengakses aplikasi cek BPOM dari Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *