Dialog interaktif di Radio SS dengan Tema Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Jantung

Radio Suara Salatiga – dr. Aniswati Dewi selaku dokter dari Puskesmas Sidorejo Kidul menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Jantung, Selasa (21/09/2021).

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan yang terjadipun beragam misalnya gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Ciri-ciri sakit jantung yang umum terjadi adalah nyeri di bagian dada yang menjalar ke bahu atau leher, keringat dingin, napas sesak, dan jantung berdebar. Namun, ada beberapa penderita yang tidak merasakan gejala sama sekali. Penyakit jantung membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat karena penyakit jantung berat dapat berakibat fatal jika tidak segera tertangani.Upaya pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan gaya hidup sehat, batasi asupan gula, lemak dan garam. Selain itu penerapan perilaku CERDIK juga penting untuk dilakukan, yaitu Cek kesehatan secara rutin utamanya cek tensi dan kadar kolesterol, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi kesehatan, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress.

Pasien yang mengalami gangguan penyakit jantung koroner atau gagal jantung, boleh mendapatkan vaksin COVID-19 jika penyakitnya terkendali dalam 3 bulan terakhir. Artinya, kondisi jantung pasien harus stabil dan tidak mengalami gejala akut atau serangan jantung dalam 3 bulan terahir, serta Diakhir acara, narasumber berpesan lebih baik mencegah dari pada mengobati dan apabila terjadi nafas sesak, nyeri dada bagian kiri yang menjalar ke tangan dan punggung, segeralah menuju fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *