Dialog Interaktif di Radio SS dengan Tema Sertifikat Laik Higiene Sanitasi

Radio Suara Salatiga – Asfiyah, SKM selaku Staf Seksi KLKK (Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja) Dinas Kesehatan Kota Salatiga menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Sertifikat Laik Higiene Sanitasi, Selasa (21/06/2022).

Sertifikat Laik Higiene adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota dalam rangka mengendalikan faktor makanan, orang, tempat, proses pengolahan dan perlengkapan pengolahan makanan yang dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Jadi sertifikat laik higiene ini merupakan alat pengawasan bagi pemerintah dalam rangka perlindungan konsumen dan menurunkan risiko gangguan kesehatan bagi masyarakat.

Pada dasarnya banyak izin usaha untuk bisnis kuliner yang perlu dipahami. Mulai dari izin untuk aktivitas bisnisnya dan juga produk bisnisnya. Jaminan kebersihan dan sanitasi merupakan hal yang sangat penting dan harus dipahami. Alasannya standarisasi sanitasi yang baik menjadikan produk-produk makanan yang dihasilkan terjamin kebersihan ataupun kehigienisnya.

Maka dari itu, Sertifikat Laik Higiene penting untuk dimiliki para pelaku usaha yang memproduksi makanan dan minuman seperti depot air minum, jasa boga, pengelolaan pangan rumah tangga, rumah makan dan restoran. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran pengelola makanan akan kebersihan dan kesehatan. Para pelaku usaha perlu memenuhi kelayakan pengujian. Untuk itu perlu mengajukan pendaftaran supaya mendapatkan sertifikasi, bisa ke Mall Pelayanan Publik Kota Salatiga stand Dinas Kesehatan.

Diakhir acara, narasumber berpesan jadilah konsumen pangan yang cerdik dengan memilih pangan yang sehat dan aman, karena aman saja belum tentu sehat, sehat aja belum tentu aman jadi harus aman dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *