Monitoring Kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) VIII Kwartir Daerah Jawa Tengah

Buper Candra Birawa, Semarang – Pada hari ini Selasa, 25 Oktober 2022, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes bersama dengan Kabid. Kesmas Bambang Pramusinto, S.T, M.T melakukan monitoring kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) VIII Kwartir Daerah Jawa Tengah, yang berlokasi di Puskepram Candra Birawa Karanggeneng, Kota Semarang.

Saka Bakti Husada (SBH) dibawah pembinaan Dinas Kesehatan Kota Salatiga merupakan salah satu Satuan Karya yang mewakili Kontingen Tingkat Kwarcab Kota Salatiga pada kegiatan tersebut, dimana seluruh peserta Peransaka adalah anggota Satuan Karya Tingkat Kwarcab se-Jawa Tengah.

Perkemahan Antar Satuan Karya Kwarda Jawa Tengah ini bertujuan sebagai sarana pertemuan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Jawa Tengah dari unsur satuan karya guna saling bertukar pengalaman, mempererat tali persaudaraan antar peserta kegiatan.

Peransaka kali ini mengusung tema “Bersama Satuan Karya Semakin Terampil dan Bersaudara” kemudian disingkat “BERSATU”, dan Motto “Satyaku Kudarmakan, Dramaku Kubaktikan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 22 s.d 26 Oktober 2022.

Kegiatan Peransaka dikemas dalam bentuk pengenalan satuan karya, pendalaman satuan karya, permainan, diskusi, demintrasi dan simulasi dengan pendekatan-pendekatan yang kreatif, edukatif, rekreatif, produktif, kompetitif, inovatif dan challenge sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan tanpa meninggalkan system among dan kiasan dasar.

Jenis kegiatan terdiri dari giat umum dan rutin, zona kebangsaan, zona lingkungan, zona teknologi, zona kesehatan, zona festival dan budaya, zona ketangkasan, giat persaudaraan, giat keterampilan dan pendalaman saka, giat bakti, giat Pinkon dan Bindamping.

Dengan Peransaka ini diharapkan menambah pengetahuan, pengalaman, dan persaudaraan anggota SBH dalam mengaktualisasikan dirinya agar mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang lebih positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *