Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Pendopo Bung Karno – Pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan sehingga berdampak pada peningkatan jumlah kasus PD3I dan terjadinya Kejadian Luar Biasa atau KLB PD3I seperti campak, rubella dan difteri di beberapa wilayah.

Bulan Imunisasi Anak Nasional terdiri dari dua kegiatan yaitu imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubela tanpa memandang status imunisasi sebelumnya dan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi dasar maupun lanjutan bagi anak yang belum menerima dosis vaksin usia (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib) yang akan diberikan di Puskesmas, Posyandu, TK/Paud dan Pos Pelayanan Imunisasi lainnya yang ditunjuk.

Jumlah sasaran di Kota Salatiga sebanyak 12.913 anak terdiri dari 12.225 anak umur 9 – 59 bulan sebagai imunisasi MR/Campak Rubela dan 688 anak umur 12 – 59 bulan yang belum lengkap imunisasinya sebagai sasaran imunisasi kejar.

Pj. Wali Kota Salatiga Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, M.M membuka secara resmi kegiatan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Kota Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Pendopo Bung Karno DPRD Salatiga, Kamis, 28 Juli 2022, dihadiri oleh 200 undangan yang terdiri dari anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, perwakilan dari Dinkes Prov Jawa Tengah, perwakilan dari Kemenag, perwakilan Dinas Pendidikan, perwakilan kecamatan, kelurahan, Organisasi Profesi, Organisasi Kemasyarakatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Lintas Program terkait, TP PKK Kota Salatiga, dan kader kesehatan dari 23 kelurahan.

Ayoo Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) demi generasi penerus yang Sehat, Bugar dan Produktif karena memiliki kekebalan tubuh yang optimal terhadap berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.