Pertemuan Penguatan Kabupaten / Kota dalam Implementasi PKPR, MTPKPR dan TRIAS UKS Kota Salatiga Tahun 2021

Aula Plumpungan Setda – Remaja adalah tunas bangsa, generasi penerus bangsa, tumpuan harapan bangsa yang akan bisa melanjutkan cita-cita bangsa menuju Indonesia yang bermartabat. Penting bagi anak remaja untuk memahami kesehatan dirinya. Salah satu cara yang bisa lakukan untuk meningkatkan kepedulian anak remaja terhadap kesehatannya adalah mengajak mereka untuk mengikuti program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja atau PKPR. PKPR adalah program pemerintah yang diampu Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota, dikoordinir Dinkes tingkat Provinsi, untuk melayani kesehatan remaja. Program ini secara resmi telah berjala sejak tahun 2003. Di tingkat lapangan, PKPR dijalankan oleh Puskesmas dan menjangkau kelompok remaja sekolah.

Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Agung Widi Istiyanto, SH, MH, Selasa 26 Oktober 2021 membuka Pertemuan Penguatan Kabupaten / Kota dalam Implementasi PKPR, MTPKPR dan TRIAS UKS Kota Salatiga Tahun 2021 di Aula Plumpungan Setda.Peserta Pertemuan ini terdiri dari Pemegang Program di 6 Puskesmas Kota Salatiga, Lintas Sektor terkait dan PMI.

Siti Zuraidah, SKM, M.Kes (Kadinkes Kota Salatiga), dr. Muh. Saiful Haq, Sp.A (Dokter Anak RSUD), Yuni Ambarwati, SH (Kadisdik Kota Salatiga), Suparli, SKM, M.Kes (Kabid. Kesmas Dinkes Salatiga ) hadir sebagai narasumber pada pertemuan ini. Materi antara lain Kebijakan Implementasi PKPR, MTPKR dan Trias UKS di Era Pandemi Covid 19 (dalam mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka), Peningkatan Kesehatan Anak Sekolah dan Remaja di Era Pandemi Covid 19, Kesiapan Sekolah / Madrasah dalam Pembelajaran Tatap Muka di Era Pandemi Covid 19 dan Upaya bersama yang perlu dilakukan dan Pelaksanaan PKPR dab MTPKR sesuai standar.

Pertemuan ini dilakukan untuk membina dan meningkatkan kemampuan SDM/tenaga kesehatan dalam meningkatan kualitas pelayanan implementasi PKPR, MTPKPR dan Trias UKS/M di Puskesmas, serta diketahui nya hambatan dan permasalahan remaja di 6 Puskesmas PKPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *