Dialog interaktif di radio SS dengan tema Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

Radio Suara Salatiga – dr. Afrida selaku dokter Puskesmas Kalicacing menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Selasa (18/08/2020).BIAS merupakan bulan dimana semua anak sekolah dasar kelas 1, 2 dan 5 SD/MI/Sederajat baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia diimunisasi secara serentak sesuai ketentuan. Adanya BIAS diharapkan dapat melindungi generasi emas bangsa usia sekolah dasar dari Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Program BIAS merupakan imunisasi rutin lanjutan yang berfungsi untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan anak yang sudah mendapatkan imunisasi dasar. Pelaksanaan BIAS di kota Salatiga dimulai bulan Agustus 2020 dengan memberikan vaksin campak rubella kepada siswa kelas 1, 2 dan 5 SD/MI/Sederajat. Kemudian dilanjutkan pada bulan November dengan memberikan vaksin DT untuk siswa kelas 1 dan Td untuk siswa kelas 2 dan 5 SD/MI/Sederajat.

Pelaksanaan BIAS pada masa Pandemi COVID-19 dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang melibatkan seluruh pihak terkait diantaranya guru, siswa, wali murid/pengantar, maupun tenaga kesehatan.Sebelum hari – H pelaksanaan BIAS terlebih dahulu dilakukan sejumlah persiapan oleh pihak sekolah seperti menyiapkan data siswa, menjadwalkan kedatangan siswa agar tidak terjadi penumpukan, menghimbau seluruh siswa dan pengantar untuk memakai masker dan face shield sebagai pelindung tambahan, menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir/hand sanitizer, dan menyediakan ruang/lokasi pelaksanaan BIAS yang memadai dan bersirkulasi udara baik.BIAS dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dari awal hingga akhir kegiatan meliputi memakai APD, disinfeksi area dan alat kesehatan , cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan pengukuran suhu tubuh dengan thermogun, serta menjaga jarak aman antar orang lain disekitar selama kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.