Dialog Interaktif di Radio SS dengan Tema KUDASAKU

Radio Suara Salatiga – dr. Tarsisius Bintarta Herusantosa, M.Kes pada Puskesmas Tegalrejo menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Inovasi Kegiatan KUDASAKU (aKU DAtang SAmbutlah aKU) Puskesmas Tegalrejo (01/11/2022).

Puskesmas Tegalrejo beralamat di jl. Tegalrejo Raya No. 69B Kota Salatiga. Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tegalrejo meliputi 3 (tiga) kelurahan yaitu Kel Randuacir, Kel Kumpulrejo, dan Kel Tegalrejo.

Konsep KUDASAKU (aKU DAtang SAmbutlah aKU), yaitu Pendekatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dikemas dalam sebuah kegiatan yang terjadwal secara rutin, jemput bola dan keterpaduan lintas program. Kegiatan inovasi KUDASAKU mulai dilaksanakan pada tahun 2019. Melalui program KUDASAKU yang dijalankan oleh Puskesmas Tegalrejo memiliki dampak yang signifikan.

Strategi untuk keberlanjutan KUDASAKU adalah dengan menjaga agar masyarakat dapat selalu mudah mengakses kegiatan, serta gratis tanpa pungutan biaya. Dengan melibatkan SDM lintas program, serta adanya peningkatan kapasitas kader baik kader kesehatan, kader Kelurahan Siaga maupun kader posbindu semakin memperlancar dan menjadi dukungan yang kuat terhadap keberlanjutan kegiatan ini. Selain itu terdapat kegiatan lintas program lain yang dapat dilakukan secara bersamaan pada kelompok-kelompok tertentu misalnya dengan mengadakan kelas-kelas kesehatan. Kegiatan pendukung KUDASAKU yaitu Semarak Germas (penyuluhan untuk Gerakan Masyarakat Sehat) dan Mobiling Jose (Mobil Informasi Keliling Tegalrejo Sehat) secara kontinyu mempromosikan jadwal KudaSaku.

Melalui kegiatan KUDASAKU diharapkan deteksi dini dan intervensi dini PTM lewat kegiatan skrining usia produktif mampu ditingkatkan sehingga pengendalian PTM di masyarakat menjadi semakin baik. Diharapkan keberhasilan kegiatan inovasi ini dapat memberi dampak positif pada penurunan kejadian penyakit tidak menular seperti hipertensi dan DM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *