Dialog interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat luas akan bahaya penyalahgunaan NAPZA, Nofa Anna Setyaningsih, AMK selaku perawat Puskesmas Sidorejo Lor menjadi narasumber Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA, Selasa (16/06/2020).NAPZA merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

NAPZA merupakan zat yang dapat mempengaruhi kinerja sistem saraf pusat dan dapat menimbulkan ketergantungan sehingga berbahaya apabila disalahgunakan.Penyalahgunaan NAPZA memilii dampak berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya dapat menimbulkan gangguan otak, paru-paru, jantung, hati, risiko penyakit menular seksual, kemandulan dan komplikasi pada kehamilan hingga kematian akibat overdosis.Selain itu, penyalah gunaan NAPZA dapat menimbulkan gangguan perilaku seseorang sehingga dapat mempengaruhi kehidupan sosialnya seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kemenkes RI telah menunjuk Puskesmas Sidorejo Lor sebagai FKTP yang memberikan pelayanan penyalahgunaan NAPZA yang dikenal dengan pelayanan Harm Reduction. Fasilitas Pelayanan ini antara lain rawat jalan dan konseling.Pencegahan penyalahgunaan NAPZA dapat dilakukan dengan menanamkan iman dan taqwa kepada anak sehingga anak mampu mengelola stress, membiasakan pola hidup sehat, menjalin hubungan yang dekat dengan anak dan memantau lingkungan pergaulan anak.Diakhir acara, narasumber berpesan agar jangan sampai menyalahgunakan narkoba, karena sekali mencoba akan sulit keluar dari jeratannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.