Dialog interaktif di radio SS dengan tema Upaya Pencegahan Kanker Paru

Radio Suara Salatiga – dr. Sriyanto selaku dokter Klinik Paru Masyarakat (KPM) Salatiga menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Upaya Pencegahan Kanker Paru, Selasa (17/11/2020).

Kanker paru merupakan kondisi terjadinya abnormalitas jaringan paru. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa batuk lama yang tak kunjung sembuh dapat disertai darah, sesak nafas, nyeri dada, dan penurunan berat badan secara drastis.Beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker paru antara lain memiliki anggota keluarga yang menderita kanker paru, hidup dalam lingkungan dengan sanitasi yang buruk dan sering menghirup udara yang tercemar polusi, serta melakukan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, kurang aktivitas fisik, konsumsi makanan tidak sehat.

Penemuan dan pengobatan kanker paru yang masih pada tahap awal, memiliki peluang keberhasilan pengobatan dan kesembuhan yang tinggi. Untuk itu apabila menemukan tanda gejala kanker paru, segeralah melakukan pemeriksaan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat. Upaya pencegahan kanker paru dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin termasuk cek fungsi paru dengan spirometri, jaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita, serta patuhi protokol kesehatan untuk lindungi diri dan sesama.

Mengingat kanker paru merupakan salah satu komorbid COVID-19, mari kita bersama saling menjaga dan disiplin patuhi protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.