Penguatan Jejaring Kader Kesehatan Program TB

Aula DKK – Dalam upaya penguatan jejaring kader kesehatan program TB di Kota Salatiga, DKK Salatiga mengadakan Lokakarya Penguatan Jejaring Kader Kesehatan, di Aula DKK Salatiga, Selasa (7/02/2023).

Peserta kegiatan sebanyak 35 orang yang terdiri dari pemegang program TB di 6 Puskesmas di Salatiga dan 25 kader kesehatan.

Acara dibuka oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Salatiga dr. Prasit Al Hakim. Lokakarya menghadirkan narasumber Subkoordinator P2M, Wahyu Hudoyoko, S.K.M, MPH. dan Ana Hidayati, A.Md.

Pencegahan terhadap penyakit TB penting dilakukan diseluruh lapisan masyarakat. Penyakit yang disebabkan Mycobacterium Tuberculosis dapat menular melalui percikan dahak.

Upaya pencegahan TB dapat dilakukan melalui screening/deteksi dini dengan memeriksa dahak menggunakan pemeriksaan laboratorium. Deteksi dini pada masyarakat memerlukan peran serta kader kesehatan yang berperan aktif mendukung kegiatan tersebut. Dukungan ini dilakukan melalui pelaporan dan pengiriman pot sputum berisi sampel dahak suspek TB ke Puskesmas setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *