Serosurvei Antibodi Covid-19 Berbasis Komunitas di 34 Provinsi

Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, melakukan studi mengenai ”SEROSURVEI ANTIBODI COVID-19 BERBASIS KOMUNITAS DI 34 PROVINSI”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan gambaran perubahan profil kekebalan terhadap SARS-CoV-2 pada komunitas masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan serosurvei yang telah dilakukan pada bulan Juli 2022. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi untuk kebijakan pemerintah dalam pengendalian COVID-19. Di Kota Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Salatiga melakukan kegiatan tersebut di Puskesmas Sidorejo Lor.

Kriteria masyarakat yang masuk dalam studi ini adalah individu yang berusia 1 tahun ke atas, tercantum dalam daftar peserta pengumpulan data kuesioner, telah berpartisipasi sebelumnya pada serosurvei COVID-19 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan atau Kementerian Dalam Negeri, serta bersedia ikut berpartisipasi dalam penelitian dengan menandatangani lembar Persetujuan Setelah Penjelasan (informed consent).

Dalam penelitian ini, ada beberapa prosedur yaitu wawancara mengenai riwayat gejala, faktor risiko, serta pengetahuan, sikap dan perilaku terkait COVID-19. Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel darah vena lengan kanan atau kiri sebanyak 3 ml (1/2 sendok teh). Pengambilan darah akan dilakukan oleh petugas kesehatan yang kompeten, namun demikian akan meninggalkan sedikit rasa tidak nyaman. Darah akan diambil pada pembuluh darah balik di lengan, menggunakan jarum suntik dan peralatan yang steril, sekali pakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *