Sosialisasi HCD Program Imunisasi

Selasa 29/11/2022 – Dinas Kesehatan Kota Salatiga melaksanakan kegiatan Sosialisasi HCD (Human Center Design) Program Imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Utama Dinkes Salatiga dengan mengundang para peserta sebanyak 40 orang terdiri dari DKK, Puslitkes LPPM UNDIP, Puskesmas se-Salatiga (1 pengelola program, 2 pelaksana imunisasi dan 1 promkes) dan Praktek Mandiri Bidan yang melayani imunisasi.

Human Centered Design (HCD) adalah suatu pendekatan yang berfokus pada seseorang. Melalui HCD kita dapat mengamati tentang apa yang orang butuhkan, ketahui dan lakukan dalam keseharian mereka. Salah satunya juga dapat mencari tahu tentang kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan imunisasi rutin. Diperlukan pendekatan yang sesuai untuk pendekatan pelayanan imunisasi. HCD merupakan salah satu pendekatan yang dapat dipakai untuk peningkatan pelayanan imunisasi rutin. Dimana proses HCD dapat membantu untuk mengetahui kebutuhan kelompok sasaran juga membantu kita untuk menentukan aktivitas yang tepat untuk pencarian data, analisis data serta menciptakan solusi.

Kegiatan di buka oleh Kepala Bidang P2P, dr. Prasit Al Hakim , dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pendekatan yang Berfokus pada Individu oleh Aditya Kusumawati, S.K.M, M.Kes. Kemudian penyampaian materi HCD untuk Meningkatkan Pelayanan Imunisasi Masyarakat Indonesia oleh Novia Handayani, S.K.M, MA, M.Kes diakhiri dengan Diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *